Jumat, 30 November 2012

Jenis Hacker dan Tokohnya


Jenis Hacker dan Tokohnya - Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang pengertian hacker dan cracker. Pada artikel kali ini saya akan memberikan artikel kelanjutannya yaitu Jenis hacker dan tokohnya.
Hacker dibedakan menjadi 3 yaitu black hat dan white hat dan grey hat, biasanya hacker black hat disebut dengan hacker bertopi hitam, white hat adalah hacker bertopi putih, dan grey hat adalah hacker bertopi abu - abu. Berikut penjelasan nya secara lengkap :

Hacker Black Hat
Hacker Topi hitam atau Peretas topi hitam (Bahasa Inggris:Black hat) adalah hacker yang biasanya dengan seenaknya membobol suatu sistem dan mengacak-acaknya. Sesuatu yang memang sangat berbanding terbalik dengan Hacker White Hat. Hacker Black Hat disini juga meliputi Cracker, namun tingkatannya lebih tinggi dari Cracker. Biasanya ada orang yang memang menyewa jasa Hacker Black Hat ini untuk mengacaukan suatu sistem agar pesaingnya itu tersingkir.

Contoh: Perusahaan komunikasi PT X menyewa jasa Hacker untuk membobol sistem komunikasi milik PT B. Jelas, terbukti bahwa hal hal seperti ini merupakan salah satu persaingan tidak sehat.

Tokoh Hacker Black Hat :
Kevin Mitnick adalah konsultan keamanan komputer dan penulis, sebelumnya sempat menjadi yang kriminal yang paling dicari dalam sejarah Amerika Serikat.
Eric Corley (juga dikenal sebagai Emmanuel Goldstein)Ia merupakan pendiri komunitas hacker.Dia telah menjadi bagian dari komunitas hacker sejak akhir tahun 70-an.
Dikenal dengan sebutan Fyodor, menulis tentang Security Scanner dan juga banyak buku-buku keamanan jaringan dan situs web. Dia adalah anggota pendiri Honeynet Project dan Vice President of Computer Professionals for Social Responsibility.
Solar adalah nama pendiri Proyek Openwall.
MichaƂ Zalewski adalah peneliti keamanan terkemuka.
Gary McKinnon adalah hacker Inggris menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan perpetrating apa yang telah digambarkan sebagai "hack komputer militer terbesar sepanjang masa."

Hacker White Hat
Disini kalau anda melihat, atau mungkin bagi anda yang memang benar benar awam dalam suatu sistem jaringan, tentunya anda mengira bahwa arti dari Hacker White Hat disini adalah Hacker bertopi putih. Namun, jelas sekali hal ini salah,Yang dimaksud Hacker White Hat dalam arti sesungguhnya adalah Hacker yang mempelajari kelemahan suatu sistem yang telah dibuat oleh client agar sistem tersebut benar benar aman dan tanpa celah. Biasanya, hacker White Hat inilah yang sengaja dikontrak oleh suatu perusahaan maupun perorangan untuk memastikan bahwa layanan yang mereka berikan benar benar aman dan nyaman digunakan.

Contoh: Sebuah perusahaan bank mengadakan kerjasama dengan Hacker White Hat untuk mempelajari situs tersebut agar para nasabah bank yakin bahwa situs tersebut benar benar aman sehingga memberikan pelayanan yang baik bagi para nasabah.

Tokoh Hacker White Hat :

  1. Stephen wozniak

Adalah seorang mekanik komputer komputer yang jempolan di USA, dia merupakan cofounder dari Apple Computer bersama Steve Jobs.

  1. Tim Berners-Lee

Sir Timothy John adalah penemu world wide web atau WWW dan ketua world wide web consortium. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama enquire.

  1. Linus torvalds

Adalah rekasayawan perangkat lunak finlandia yang terkenal sebagai perintis pengembangan karnel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut.

  1. Richard stallman

Adalah seorang penulis GNU Compiller, sebuah kompiler portable yang dapat di tunjukan untuk berbagai variasi arsitektur dan bahasa pemrograman. Hingga kini ia masih memperjuangkan eksistensi Free Software.

  1. Tsutomu Shimomura

Adalah anggota senior di san diego supercomputer center, di mana dia berkerja pada masalah di daerah yang bergam seperti fisika komputasi dan keamanan komputer.

Hacker Grey Hat
Adalah penengah di antara black hat dan white hat yang merupakan kombinasi dari kedua nya. Umumnya hacker grey hat tidak bermaksud untuk melakukan penyerangan terhadap suatu sistem secara sengaja, tetapi eksploitasi yang mereka lakukan ada kalanya dapat mengakibatkan kerugian.

Diatas sudah saya jelaskan tentang 3 jenis hacker dengan lengkap semoga anda berkenan dengan penjelasan saya ini. Terima kasih..

Judul: Jenis Hacker dan Tokohnya
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Unknown
Anda sedang membaca artikel Jenis Hacker dan Tokohnya. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL https://jaringanhitam.blogspot.com/2012/11/jenis-hacker-dan-tokohnya.html. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar saya moderasi, dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan tidak keluar dari topik. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.